Sunday, July 21, 2013

TAJ MAHAL LAMBANG CINTA DAN KESETIAAN



Kali ini saya akan menceritakan perjalanan menuju Taj Mahal salah satu keajaiban dunia yang begitu mempesona. Perjalanan dari New Delhi ke Agra saya lalui dengan menggunakan kereta sekitar 2 jam sebaiknya ambil kereta express yang langsung menuju ke Agra sebab kalau yang murahan bisa 4 jam dan tidak nyaman. Saya berangkatnya pagi sekitar jam 6 jadi jam 8 sudah sampai di Agra. Sampai di stasiun Agra saya menyewa kendaraan yang akan mengantar kita mengelilingi objek wisata di Agra tawar-menawar mereka minta 800 rupe.
Agra adalah sebuah kota kuno di Sungai Yamuna di India, berada dalam negara bagian Uttar Pradesh. Dia memiliki peranan penting sebagai ibu kota Kerajaan Mughal dari 1526 sampai 1658 dan menjadi tujuan wisatawan karena bangunan zaman-Mughal yang luar biasa, terutama Taj Mahal.
Sesampai di Agra saya langsung menuju Taj Mahal yang terkenal itu. Wah ternyata tiket foreign dan lokal beda jauh. Kita dari Indonesia mesti bayar 750 sedang orang lokal 10 rupee so hitung-hitung  nyumbang sama India saya bayar saja.
Gerbang Taj Mahal

Begitu memasuki gerbang Taj Mahal kita akan dibuat terpesona karena besarnya dan ukiran yang khas. Tāj Mahal (adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, seorang muslimk istri Persianya Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka. Untuk mengenang Mumtaz Mahal dibangunlah gedung ini.
Gambar taj mahal 

Foto dengan taj mahal 

Dari kejauhan kita bisa melihat bagaimana megahnya bangunan ini ada taman dan kolam air begitu mempesona tidak lupa juga narsis fotoan. Banguanan ini begitu sempurna jika dibandingkan saat itu tahun 1600 an bangunan ini pasti sungguh luar biasa. kubah dan menara yang di buat dari marmer putih, serta seni mozak yang indah. Dibuat dengan hiasan sebanyak 43 jenis batu permata, termasuknya yaitu berlian, jed, kristal, topaz dan nilam telah digunakan untuk memperindah Taj Mahal.
Di dalam Taj Mahal terdapat makam raja dan ratunya sayangnya didalam tidak boleh di foto. Taj Mahal dibangun dengan simetris dan makam Mumtaz Mahal berada tepat di tengah bangunan Taj Mahal. Satu-satunya yang tidak simetris adalah makam Shah Jahan yang terletak disebelah makam Mumtaz Mahal karena makam ini tidak ada dalam rencana awal pembangunan.
Foto ukiran batu permata taj mahal 



ada beberapa lokasi di seputaran Agra yang layak di kunjungi karena saling berkaitan dengan sejarahnya salah satunya adalah istana raja namanya red port memang karena warnanya merah dan hampir semua istana menggunakan bata merah.
gambar red port
 

No comments:

Post a Comment